Breaking News

Terjerat Hutang Ratusan Juta, Warga AS Mampu Bangkit Dengan Modal 75 Ribu

 
Ilustrasi dikejar hutang, sumber platmerahnews.com

Dilansir dari cnbsindonesia.com, Carlina Williams meski dipecat dari pekerjaan dengan gaji besar serta memiliki setumpuk utang, tidak membuatnya pasrah dan hanya meratapi nasib. 

Wanita berusia 30 tahun ini berhasil bangkit dari keterpurukannya, belajar melalui pengalaman, ia mengubah hubungannya dengan uang.

Pada Mei 2019, Carlina tiba-tiba kehilangan pekerjaannya sebagai produser asosiasi di The Walt Disney Company di Los Angeles, California, AS. Selama bekerja di Walt Disney Company selama empat tahun, Carlina hidup nyaman dengan gaji tahunan US$ 75.000 atau Rp 1 miliar (asumsi Rp 14.500/US$).

Namun, ia tidak dapat menabung banyak dari penghasilannya dan hanya memiliki tabungan darurat US$ 6.000 (Rp 87,3 juta). Sebagian besar gajinya digunakan untuk sewa apartemen studionya senilai US$ 1.500 (Rp 21,8 juta).

Carlina juga memiliki sejumlah besar hutang pada saat itu, termasuk US$ 2.200 (Rp 32 juta) dalam bentuk utang kartu kredit dari perbaikan mobil, US$ 3.500 (Rp 50 juta) untuk operasi mata Lasik dan US$ 5.500 (Rp 80 juta) dalam pinjaman pelajar.

Tak hanya itu, juga berutang sekitar US$ 20.000 (Rp 290 juta) pada kartu kredit lain, dan dia saat ini terlibat dalam tuntutan hukum dengan penerbit kartu atas sisa saldo.

Situasi keuangannya pasca kehilangan pekerjaan terlihat menakutkan. "Tagihan tidak berhenti datang. Sewa tidak berhenti. Tabungan apa pun dapat habis dengan sangat cepat," aku Carlina, dikutip dari CNBC International.

"Ada saat di mana saya hanya memiliki US$ 5 (Rp 72 ribu) di rekening bank saya dan ibu saya membantu saya membayar sewa saya."

Namun Carlina hanya jatuh terpuruk sebentar. Dengan sisa-sisa uang yang ia punya, Carlina memutuskan untuk tetap maju dan memprioritaskan membangun banyak aliran pendapatan untuk dirinya sendiri.

Beruntung ia sempat membangun saluran YouTube 'Cooking With Carlina', di mana dia menjadi pembawa acara memasak yang berbagi berbagai resep, yang kini memiliki 3.440-an pengikut.

Hampir setahun kemudian, pada April 2020, Carlina mendapatkan pekerjaan sebagai koordinator produksi di Nickelodeon. Jabatannya kini memang turun dari jabatan di kantor sebelumnya, tetapi ia senang mendapat pekerjaan kembali.

Untuk terus menghemat uang dan menghabiskan waktu bersama keluarganya selama pandemi, Carlina juga pindah ke rumah bersama ibunya di Jacksonville, Florida, pada Oktober 2020.

Hari ini, dia menghasilkan total US$ 55.000 (Rp 799 juta) per tahun melalui pekerjaan penuh waktunya di Nickelodeon, yang membayar US$ 52.000 (Rp 755 juta).

Sementara sosial medianya kini memiliki kesepakatan kemitraan di YouTube dan Instagram dan menghasilkan sekitar US$ 3.000 (Rp 43,6 juta) per tahun.

Foto: Carlina Williams. Dok: CNBC Internasional


Banyak Pelajaran Tentang Uang

Perjalanan Carlina tidaklah mudah, tetapi itu mengajarkan banyak hal tentang uang. "Itu membantu saya menyadari apa yang penting dalam hidup saya dan ke mana perginya setiap dolar," katanya.

"Saya tidak tahu bahwa saya bisa memiliki banyak aliran pendapatan. Saya harus mempelajari semua itu di kemudian hari,"sebutnya kembali.

Seiring dengan memprioritaskan menabung dan mengelola aliran pendapatannya, Carlina juga membatalkan sebagian besar kartu kreditnya.

Pengalaman itu membuatnya menjauh dari kartu kredit. Sekarang, dia hanya menyimpan satu kartu jika terjadi keadaan darurat, tetapi jarang menggunakannya.

Pengalamannya dengan utang, sebagian, adalah alasan mengapa Carlina ingin membagikan kisahnya. Dia ingin menunjukkan bahwa utang tidak selalu berasal dari pengeluaran yang tidak bertanggung jawab.

"Saya yakin orang lain telah mengalaminya dan berkata, 'Oke, saya bukan satu-satunya yang terjerumus ke dalam lubang hutang ini karena orang tua berada di rumah sakit atau anggota keluarga yang sakit'," tutupnya.

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM