Breaking News

61 Rumah Warga Binjai Rusak Diterpa Puting Beliung, Pemko Salurkan Bantuan

 

Pelajar SD berlari di sekitar rumah ambruk yang diterpa angin puting beliung, di Kelurahan Tanah Merah, Binjai Selatan. (Lpc-online/red) 


BINJAI, LPC-ONLINE.COM | Setelah melakukan pendataan pasca hujan disertai angin kencang, sebanyak 61 rumah warga di dua kelurahan, Kecamatan Binjai Selatan, dilaporkan mengalami kerusakan, Rabu (20/4). 

Masing-masing rumah warga yang terdampak, yakni di Kelurahan Tanah Merah, sebanyak 49 unit dan tiga diantaranya mengalami rusak berat, kemudian Kelurahan Bhakti Karya, sebanyak 12 unit. 

Menindak lanjuti bencana alam ini, Wali Kota Binjai Amir Hamzah, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait turun ke lokasi untuk menyalurkan bantuan sembako. 

Di lokasi bencana, wali kota menyempatkan diri berkeliling ke sejumlah titik yang terdampak angin puting beliung tersebut. Beberapa rumah semi permanen terlihat ambruk. Bahkan, pepohonan bertumbangan, tak terkecuali tiang listrik yang masih berbahan kayu. 

Wali Kota Binjai Amir Hamzah mengatakan, pihaknya turut prihatin dengan bencana alam yang terjadi. Untuk selanjutnya, kata Amir, Pemko Binjai menyalurkan bantuan guna meringankan beban para korban bencana.

Wali Kota Binjai Amir Hamzah tinjau lokasi bencana alam puting beliung di Binjai Selatan. (Lpc-online/red) 


"Kita sudah salurkan bantuan berupa beras, telur, susu, dan mie instan. Sementara ini kita salurkan dulu bantuan itu untuk ringankan beban warga yang terdampak," ucapnya. 

Untuk rumah yang rusak berat, lanjut Amir, sejauh ini masih ada tiga rumah di Tanah Merah. "Sementara kita bangunkan tenda untuk mengungsi. Kita hitung berapa anggaran perbaikan rumah rusak berat ini, setelah itu bisa diperbaiki," ujar Amir.

Selain wali kota, Ketua PMI sekaligus Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu, juga turun ke lokasi dan memberikan bantuan kepada 23 rumah warga dengan kondisi rumah rusak sedang hingga berat.

Rizky juga memberikan bantuan sebesar Rp2.000.000 untuk kemaslahatan umat beragama di Gereja GBKP Beguldah 2 dan Rp500.000 untuk setiap rumah warga yang terkena dampak berat.

"Semoga bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban dan bermanfaat bagi yang terkena bencana. Saya turut berduka atas kejadian yang menimpa warga sekitar Beguldah, Kecamatan Binjai Selatan," ucap Rizky 

Bantuan juga disalurkan Yayasan Kemala Bhayangkari bersama Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, serta bantuan dari Kodim 0203/Langkat.

Sementara itu, warga penerima bantuan sangat bersyukur dengan perhatian Pemko Binjai dan instansi terkait lainnya. Diakui warga, angin puting beliung yang menerpa pemukiman mereka hanya terjadi sekitar 20 menit. 

Meski begitu, angin sangat kencang dan menumbangkan pepohonan serta merusak rumah. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana ini. (lp05) 

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM