Breaking News

Dewan Syarikat Melayu Langkat Apresiasi Komitmen Wali Kota Medan Jaga Budaya Melayu

PIDATO: Wali Kota Medan Bobby Nasution menya.paikan pidatony di hadapan masyarakat melayu di depan Istana Maimon, Medan, beberapa waktu lalu.

lpc-online, Langkat | Ketua Dewan Syarikat Melayu Langkat (DSML) Drs. H. Sukhyar Mulyamin. M.Si, mengapresiasi Wali Kota Medan Bobby Nasution atas komitmennya terhadap pelestarian kebudayaan melayu.

Dalam sebuah kegiatan di Stabat, Rabu (2/11/2022), Sukhyar menjelaskan, apresisi tersebut diberikan atas komitmen Wali Kota Medan untuk membangun kembali Gapura Kampung Lalang dengan ornamen melayu.

"Kami mengapresiasi komitmen Bapak Wali Kota Medan yang akan membangun kembali Gapura Kp. Lalang dengan ornamen melayu yang baru. Kami berharap kedepan Wali Kota Medan dapat melahirkan Perda tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah di Kota Medan sebagaimana halnya yang telah diinisiasi DSML di Kabupaten Langkat," harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Boby Nasution, dalam pidatonya di acara Gelar Melayu Serumpun Tahun 2022 di Istana Maimon, mengatakan, bahwa etnis asli Kota Medan merupakan warga melayu.

Hal itu, kata Bobby, dapat dibuktikan dengan masih berdirinya bangunan Istana Maimon, sehingga pemerintah Kota Medan, tidak mungkin menghilangkan entitas dari etnis tersebut.

"Jadi perlu kami sampaikan, perubuhan gapura Kapung Lalang yang dilakukan, bukan untuk menghilngkan ornamen melayunya, tapi untuk memperbaruinya, kita bangun yang lebih indah lagi," jelasnya di hadapan masyarakat melayu yang hadir.

Dalam acara tersebut, turut pula dihadiri Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Sultan Deli dan para tokoh-tokoh melayu serta penampilan dari malayu-melayu serumpun di tingkat Asia. (lp01)



© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM