Breaking News

Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Lapas Pematang Siantar Berikan Fasilitas 'Ruang Cerita'' Bagi WBP

LPC-ONLINE.COM, Pematang Siantar | Lapas Kelas IIA Pematang Siantar melaunching inovasi Ruang Cerita di Lapangan Senam Lapas Kelas IIA, Pematang Siantar,
Jumat (01/12/2023). 

LAUNCHING: Posko layanan aduan di Lapas Kelas IIA Pematang Siantar dilanching, Jumat (01/12/2023).

Launching Ruang Cerita ini dihadiri petugas pemasyarakatan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) perwakilan kamar hunian.

Kalapas Kelas IIA Pematang Siantar M.Pithra Jaya Saragih Amd.IP, SH. M.H, mengapresiasi launching inovasi tersebut dalam rangka perbaikan komunikasi sebagai pencegahan keamanan dan ketertiban.

"Saya sangat mengapresiasi inovasi ini dan saya berharap dengan hadirnya inovasi tersebut di Lapas Pematamg Siantar bisa meningkatkan komunikasi antara Warga Binaan Pemasyarakatan dengan petugas sehingga terjalin kedekatan emosianal sehingga inovasi ini dapat berkontribusi sebagai alat deteksi dini pencegahan gangguan keamanan di Lapas Kelas IIA Pematang Siantar,” kata Kalapas. 

Raymon Andika Girsang yang kini menjabat sebagai Kepala Lapas Pemuda kelas III Langkat, yang hadir pada kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pengamanan Lapas Kelas II A Pematang Siantar yang baru Erwin Siregar dan seluruh Petugas Lapas Pematang Siantar yang telah mendukung inovasi perubahan ini.

"Kepada Kalapas Kelas IIA  Pematang Siantar M.Pithra Jaya Saragih, selaku mentor dalam melahirkan inovasi perubahan 'Ruang Cerita', juga kami ucapkan terima kasih," jelasnya.

Salah seorang keluarga WBP juga menyampaikan perihal yang senada yaitu ucapan terima kasih kepada Lapas Pematangsiantar yang telah memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik sehingga keluarga mereka di dalam menjalani pembinaan dapat menyampaikan keluh kesah dan aduan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga menciptakan rasa nyaman bagi keluarga kami di dalam (WBP).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Lapas Pematang Siantar khususnya kepada Bapak pembina kami Raymon Andika Girsang yang telah membuat dan memfasilitasi kami WBP untuk menyampaikan keluhan dan aduan yang kami alami dan kami berharap kedepannya inovasi seperti ini semakin berkembang dan semakin baik lagi," ucap seorang WBP di tengah perbincangan yang dilakukan di Ruang Cerita.

Seperti diketahui, 'Ruang Cerita' sendiri merupakan program inovasi yang digagas Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematang Siantar, Raymon Andika Girsang yang sedang mengikuti  Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VI di Pusat Pelatihan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi  Aparatur Sipil Negara pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia tahun 2023 di Jatinangor, Jawa Barat.

'RUANG CERITA' adalah inovasi dalam membangun komunikasi yang positif antara petugas dan warga binaan sekaligus sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas.

Metode yang digunakan dalam program inovasi ini adalah warga ninaan datang dan masuk ke dalam Ruang Cerita dan memberitahu identitas dan permasalahan yang dialami kepada petugas piket di Ruang Cerita.

Kemudian, dilakukan pendataan dan penanganan sehingga terbangun komunikasi yang efektif antara warga binaan dan petugas Lapas. 

Hal ini dinilai lebih efektif ketimbang sebelumnya, dimana warga binaan yang akan melakukan aduan maupun menuliskan aduan hanya difasilitasi Kotak Aduan.(fan)

 
© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM