Breaking News

Masyarakat Desa Kwala Langkat Tolak Warga Rohingya

LPC-ONLINE.COM, Langkat | Masyarakat Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, ramai-ramai menolak kehadiran warga Rohingya di desanya. Hal itu disampaikan warga dihadapan Forkopimda Kabupaten Langkat, perwakilan UNHCR dan IOM, Rabu malam (22/5/2024).

DATA: Puluhan warga Rohingya didata oleh.petigas UNHCR di Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langlat, Rabu (22/5/2024).

Puluhan warga Desa Kwala Langkat masih menolak keras keberadaan warga Rohingya di desa mereka, alasan warga keberadaan orang Rohingya sangat meresahkan warga, bila melihat kejadian di tempat lain.

"Kami menolak keras keberadaan Rohingya di desa kami, malam ini juga kami minta untuk dipindahkan dari desa kami. Secara kemanusiaan kami sudah membantu berupa makanan dan pakaian namun kami tetap menolak keberadaan rohingya di desa kami, kehadiran mereka meresahkan kami," teriak warga beramai-ramai. 

Sementara itu Camat Tanjung Pura Muhammad Nawawi, menampung aspirasi masyarakat dan segera merelokasi warga Rohingya tersebut ke pantai yang berjarak satu kilometer dari pemukiman warga. Di pantai tersebut telah disiapkan tenda penampungan yang didirikan BPBD Kabupaten Langkat.

"Bapak-bapak dan ibu-ibu untuk sementara orang Rohingya kami pindahkan ke pantai kami sudah siapkan tenda di pantai, kami harap bapak dan ibu membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing," kata camat.

PENAMPUNGAN: Puluhan orang etnis Rohingya ditampung di tempat penampungan Kwala Besar, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Rabu (22/5/2024).

Sementara itu Camat Tanjung Pura Muhammad Nawawi, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, Dandim 0203/Lkt, Kepala Kesbangpol Kabupaten Langkat Faisal Badawi, perwakilan UNHCR dan IOM, Kepala Desa Kwala Langkat Mahyu Danil, anggota BPD dan perangkat desa. Mereka berdiskusi membahas masalah kemananan, keberadaan dan tempat penampungan dan hal lainnya.

Camat Tanjung Pura masih terus berkomunikasi dengan warga desa yang tetap menolak keberadaan Rohingya di wilayah desa mereka. Hingga akhirnya para warga Rohingya berhasil direlokasi dari balai serba guna menuju ke pantai dengan berjalan kaki dikawal ketat aparat kepolisian dan juga anggota TNI.(fan)
© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM