Breaking News

Agus Fatoni Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumut Gantikan Hasanuddin

LPC-ONLINE.COM, Medan | Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Drs Agus Fatoni MSi, resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara.

              Agus Fatoni (foto/wikipedia)

Agus Fatoni disumpah jabatan dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Sasana Bakti Praja Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024) sore.

Pelantikan dihadiri Ketua DPRD Sumut Sutarto, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, unsur Forkopimda Sumut, serta sejumlah Pimpinan OPD Pemprov Sumut.

Bersamaan dengan pelantikan Pj Gubsu, Mendagri juga melantik Hassanudin sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat, yang sebelumnya Pj Gubsu. Kemudian dilantik juga Elen Setiadi sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan.

Mendagri Tito Karnavian menyebut, Agus Fatoni memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah 2 kali menjadi Pj Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumsel.

Agus Fatoni, kata Mendagri, juga merupakan seorang Pejabat Eselon I Kemendagri, yakni sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah. Karena itu, Tito Karnavian menilai Agus Fatoni pantas memimpin Sumut.

"Beliau (Agus Fatoni) sudah pernah menjadi Penjabat yang cukup matang, pertama Sulawesi Utara, Sumsel, sekarang naik kelas dikitlah di Sumut, pengalaman akan bertambah, ditambah lagi ada event besar, ada PON yang akan dilaksanakan September," kata Tito.

Oleh karena itu, Pemerintah Pusat tidak ingin ambil risiko. "Orang yang pengalaman jadi Pj dua kali dan mengerti tentang keuangan daerah, karena PON ini masalahnya banyak tentang keuangan," jelas Tito.(net/fan)

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM