Breaking News

Drh. Zoerul Fahlevi Pimpin Pengawasan Hewan Kurban di Perbatasan Sumut-Aceh

LPC-ONLINE.COM, Langkat | Jelang Hari Raya Idul Adha atau sering disebut Hari Raya Kurban 1445 H yang jatuh pada Senin (17/6/2024), Petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Sumatera Utara lakukan pengawasan lalulintas hewan di perbatasan Sumut-Aceh, Sabtu (15/6/2024).

CEK: Drh Zoerul Fahlevi dibantu Agri Nugroho dan petugas chek point Aceh Tamiang Arif Rifani melakukan cek point hewan kurban di perbatasan Sumut-Aceh, Besitang, Langkat, Sabtu (15/6/2024).


Pengawasan dilaksanakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatera Utara dipimpin Drh. Zoerul Fahlevi dibantu Agri Nugroho dan petugas chek point Aceh Tamiang Arif Rifani, yang sudah dilaksanakan sejak beberapa hari terakhir.

Drh Zoerul Fahlevi selain petugas chek point juga dikenal sebagai Kabid Humas Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Sumatera Utara, saat ditemui disela - sela kegiatan mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dokter hewan yang berwenang dan pemeriksaan umum pada hewan. 

"Kami sedang melakukan pengawasan lalu lintas hewan. Dari hasil  monitoring pengawasan lalu Lintas hewan yang kita lakukan dalam beberapa hari terakhir menjelang Idul Adha, hewan yang masuk ke Sumut maupun keluar Sumut dalam keadaan sehat dan memiliki SKKH," jelasnya.

BERSAMA: Drh. Zoerul Fahlevi dibantu Agri Nugroho dan petugas chek point Aceh Tamiang Arif Rifani, foto bersama salah seorang sopir pengangkut hewan kurban, Sabtu (15/6/2024).


Ditambahkan Drh Zoerul Fahlevi, kegiatan ini bertujuan untuk pengendalian dan pencegahan penyakit ZOONOSIS (penyakit yang menular pada hewan ke manusia).

"Harus diingat, daging kurban yang tidak layak dikonsumsi harus dimusnahkan. Sebab jika tetap dibagikan kepada masyarakat, justru akan mendatangkan mudarat, karena dapat berpotensi membahayakan kesehatan orang yang mengkonsumsinya," tegas dia.

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini dalam upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sekaligus menjamin daging kurban yang mereka konsumsi benar-benar aman, sehat, utuh dan halal.(fan)

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM