Breaking News

Festival Layang-layang Meriahkan Pesta Panen di Secanggang

LPC-ONLINE.COM, Langkat | Pesta panen di Desa Sungai Ular, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dimeriahkan dengan festival layang-layang, Minggu (9/6/2024).

BERBARIS: Para peserta lomba layang-layang berbaris di tengah perladangan warga untuk mengikuti festival, Minggu (9/6/2024).
Ketua panitia pelaksana festival layang-layang Johan S, menjelaskan, festival ini bertujuan untuk mengembangkan potensi seni layang-layang dan silaturahmi bersama, menjunjung solidaritas.

Johan mengaku, festival layang-layang ini, bukan hanya untuk kominitas di Langkat saja, melainkan tingkat Sumatera Utara.

"Festival layang-layang ini berlangsung dua hari, terbuka untuk umum se Sumatera Utara, ada berbagai kategori yang diperlombakan seperti layang-layang unik dan sendaren," kata Johan.

Masih Johan, dengan adanya festival layang-layang ini, diharapkan bisa menjadi permainan favorit masyarakat ditengah serbuan permainan online lewat gadget seiring perkembangan teknologi. 

RAMAI: Ribuan warga dari berbagai desa di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, beramai-ramai menyaksikan festival layang-layang di Desa Sungai Ular, Kacamatan Secanggang, Minggu (9/6/2024).
Layang-layang yang dilombakan dibagi dua kategori yakni layangan sendaren wajib pakai sendaren/tali pita (waw, gampangan, jangganan, babean, sawangan, hewan dan lainnya yang memakai sendaren dengan tinggi minimal 1,5 meter dan lebar bebas).

Kemudian layangan unik tidak pakai sendaren/tali pita bentuk atau motif manusia, hewan, kapal, pesawat dan benda-benda dengan tinggi, panjang dan lebar bebas.

Para pemenang festival layang-layang ini mendapatkan hadiah dari panitia pelaksana berupa uang tunai ditambah trophy.

Peserta festival layang-layang sebanyak 87 peserta yang berasal dari Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan dan Kabupaten Langkat. 

Kegiatan dibuka oleh Camat Secanggang Persadanta Sembiring didampingi Kapolsek Secanggang AKP Salija dan Kepala Desa Sungai Ular Misran.

Dalam kesempatan tersebut Camat Secanggang Persadanta Sembiring memberikan apresiasi atas terselenggaranya festival layang-layang tingkat Sumatera Utara ini. 

"Festival layang-layang ini sudah menjadi agenda tahunan dan sudah didaftarkan di Dinas Pariwisata Kabupaten Langkat," kata Persadanta. (fan)

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM