Breaking News

Djohar Arifin Ingatkan Pentingnya Pemajuan Budaya Menuju Indonesia Emas 2045

lpc-online.com, Langkat | Anggota Komisi X DPR RI Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin ingatkan pentingnya pemajuan budaya untuk menuju Indonesia Emas 2045.

MATERI: Djohar Arifin menyampaikan materi tentang kebudayaan di Indonesia dalam workshop Peran Masyarakat Adat Dalam Mempertahankan Budaya Melayu Langkat di gedung Pegnasos, Stabat, Langkat, Minggu (25/8/2025).


Hal itu disampaikan Djohar dalam workshop Peran Masyarakat Adat Dalam Mempertahankan Budaya Melayu Langkat di gedung Pegnasos, Stabat, Langkat, Minggu (25/8/2025).

Dijelaskan Djohar, Indonesia Emas 2045 merancang Indonesia menjadi negara maju, sejajar dengan negara-negara besar di dunia.

Namun sayangnya, sebut mantan Ketua PSSI ini, belum sampai menjadi negara maju, sedikit banyak budaya di Indonesia sudah mulai tergerus zaman.

"Salah satu budaya yang mulai tergerus yaitu bahasa. Banyak anak-anak kita sudah tidak lagi pandai menggunakan bahasa daerahnya, padahal itu identitas budaya kita," jelasnya.

Selain itu, dengan lunturnya kebudayaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia, membuat mudahnya masuk budaya luar yang tidak lagi mencerminkan identitas budaya bangsa.

"Inilah yang dikhawatirkan, sehingga kita perlu membuat kegiatan pelestarian kebudayaan semacam ini, untuk tetap menjaga jati diri bangsa Indonesia, agar tetap hidup ditengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Khusus Langkat, tambah dia, sejak dahulu Langkat sudah dikenal hingga mancanegara karena keilmuan dan budayanya.

"Jadi, harus dipertahankan, jangan lagi generasi kita terpengaruh narkoba," imbaunya.

Sementara itu, dalam workshop dengan tema peran masyarakat adat dalam mempertahankan budaya Melayu Langkat, menghadirkan nara sumber Prof Dr Pujiati MSoc Sc Phd (Guru Besar bidang Ilmu Telaah Pranata USU), Prof Dr Fahruddin Azmi, (Guru Besar UIN) dan Prof Dr Khairil Ansyari MSc, Guru Besar Fakultas Pendidikan dan Bahasa dari Unimed.(fan)

© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM