Breaking News

Inilah Kisaran Bonus Diterima Veddriq dan Rizki Usai Raih Emas Olimpiade 2024

lpc-online.com, Langkat | Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8). Berikut besaran bonus yang bisa didapat Veddriq dan Rizki usai meraih emas Olimpiade.

MEDALI: Kolase peraih medali emas Veddriq Leonardo dan Atlet angkat besi Indonesia Rizki Juniansyah yang turun di nomor 73 kg pada Olimpiade Paris 2024 sukses menyabet medali emas. (foto: net)

Veddriq Leonardo meraih medali emas Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Wu Peng dari China pada final speed putra di Le Bourget Sport Climbing Venue.

Dalam final tersebut Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik. Atlet 27 tahun itu unggul dramatis 0,02 detik di depan Wu Peng yang mencetak 4,77 detik.

Kemenangan Veddriq Leonardo dari speed putra merupakan medali emas pertama kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Emas Veddriq juga jadi emas pertama kontingen Indonesia di luar dari cabor badminton sepanjang keikutsertaan di Olimpiade.

Beberapa jam kemudian, Rizki Juniansyah berhasil jadi yang terbaik di kelas 76kg angkat besi. Rizki tampil impresif dengan mencatat total angkatan 354kg. Rizki unggul 8kg dari pesaing terdekat, Weeraphon Wichuma dari Thailand.

Lewat pencapaian luar biasa itu Veddriq dan Rizki bisa mendapatkan bonus mewah dari Pemerintah Indonesia. Pemerintah biasa memberikan bonus untuk para atlet yang berprestasi dalam multievent, termasuk Olimpiade.

Sejauh ini Pemerintah Indonesia, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum merilis resmi besaran bonus untuk peraih medali Olimpiade Paris 2024.

Apabila mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020, peraih medali emas untuk kategori individu akan mendapat bonus dari pemerintah sebesar Rp5,5 miliar.

Peraih medali perak untuk nomor individu mendapat bonus Rp2,5 miliar, dan peraih medali perunggu menerima bonus Rp1,5 miliar. Sedangkan atlet yang gagal meraih medali menerima apresiasi sebesar Rp100 juta.

Kendati begitu, ada juga peluang bonus yang bisa diterima Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah setelah meraih medali emas Olimpiade 2024 meningkat dari Olimpiade 2020.

Hal tersebut diungkapkan Menpora Dito Ariotedjo yang mengatakan bonus peraih medali Olimpiade 2024 sudah disiapkan pemerintah dan ada tren bakal naik angkanya.

"Kita bisa lihat tren, bagaimana SEA Games 2023 kemarin dan Asian Games 2023 kemarin, angka bonusnya lebih dari sebelumnya. Jadi kita lihat tren, pasti terkait bonus itu kita akan minta arahan bapak Presiden RI Joko Widodo. Dan kita berharap ini bisa memecah sejarah di perhelatan Olimpiade Paris 2024," kata Dito pada Juni 2024.(bbs/fan)


© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM