Breaking News

Langkat Minim Gunakan Program Danaindonesiana untuk Pemajuan Budaya

lpc-online.com, Langkat | Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, mengajak insan budaya di Kabupaten Langkat memanfaatkan program Indonesiana.

SAMBUTAN: Syamsul Hadi saat menyampaikan sambutam di wrokshop peran masyarakat adat dalam mempertahankan budaya Melayu Langkat di Gedung Pegnasos, Stabat, Minggu (25/8/2024).

Demikian disampaikan Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Syamsul Hadi SH MM dalam workshop peran masyarakat adat dalam mempertahankan budaya Melayu Langkat di Gedung Pegnasos, Stabat, Minggu (25/8/2024).

Pada kesempatan itu, Hadi menjelaskan, program Indonesiana merupakan wadah bagi penggiat budaya untuk memajulan kwbudayaannya.

"Bagi penggiat budaya, bisa menggunakan fasilitas Indonesia untuk memajukan budayanya, seperti sanggar tari atau budaya tak benda lainnya," terang Hadi.

Sejauh ini, kata dia, masyarakat Langkat minim memanfaatkan program indonesiana itu, padahal disanalah wadahnya pemajuan budaya," kata dia.

Dia pun berharap, dinas terkait di Pemkab Langkat mampu menjembatani atau mengelola aspirasi penggiat seni dan budaya di Langkat untuk memdapatkan program Indonesiana tersebut.

"Khusus untuk maestro, kami menyarankan Pemda Langkat atau dinas terkait untuk mengajukan melalui sebuah tulisan, agar diberikan pengakuan dari pemerintah melalui Kemendikbud. Karena yang tahu siapa maestro budaya di sini, tentu warga Langkat sendiri," pungkasnya.

Seperti diketahuo, Danaindonesiana adalah kegiatan pendukungan berupa fasilitasi dana hibah yang diberikan kepada suatu kelompok kebudayaan atau perseorangan.(fan)
© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM