Breaking News

Lomba Sampan Puncak Kegiatan Peringatan HUT RI ke-79 di Desa Secanggang

lpc-online.com, Langkat | Kemeriahan perayaan HUT RI ke-79 masih tampak di Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Rabu (21/8/2024). 

SAMPAN: Ribuan warga menyaksikan peserta lomba sampan di sepanjan aliran Sungai Secanggang, Rabu (21/8/2024).

Ya, tepat di Desa Secanggang, digelar lomba sampan yang merupakan tradisi masyarakat pesisir di Kabupaten Langkat yang dilaksanakan secara turun temurun.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Secanggang Tengku Syaiful Anhar mengatakan, kegiatan peringatan HUT ke-79 RI tiap tahun dilaksanakan di Desa Secanggang dengan beragam perlombaan dan lomba sampan merupakan puncak kegiatan mengitari Sungai Secanggang. 

"Sudah tiga kali saya berdiri di atas panggung ini. Tapi dulu saya hanya sebagai tamu. Sekarang saya sebagai tuan rumah atas kepercayaan masyarakat memimpin Desa Secanggang," ujarnya. 

Tak bisa dipungkiri, lanjut Tengku Syaiful, lomba sampan merupakan tradisi di Kabupaten Langkat. Begitu juga halnya di beberapa desa yang ada di Kabupaten Langkat kerap menggelar acara lomba sampan. 

"Makanya hari ini kembali saya tegaskan lomba sampan Desa Secanggang  merupakan ikon tradisi yang harus dipelihara, dilestarikan dan tetap terjaga. Untuk itu saya imbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan sungai. Jangan membuang sampah di sungai supaya tetap terjaga ekosistem biota air yang ada di dalamnya," pesannya.

MELIHAT: Camat Secanggang, Danramil Secanggang serta Kades Secanggang melihat perlombaan sampan bersama warga setempat, Rabu (21/8/2024).

Dia pun tak lupa berucap terima kasih kepada warga Desa Secanggang yang memberi amanah kepadanya selama tujuh bulan belakangan ini. 

"Terima kasih kepada warga Desa Secanggang, melalui kegiatan ini mudah-mudahan sinergi antara pemerintahan desa dan warga tetap berkelanjutan dan berkolaborasi membangun Desa Secanggang yang lebih baik lagi ke depannya," tandas Tengku Syaiful Anhar.  

Sebelumnya, Camat Secanggang, Persadanta Sembiring menitip pesan dari Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy yang berhalangan membuka lomba sampan di Desa Secanggang.

"Alhamdulillah Desa Secanggang bisa melakukan lomba sampan setiap tahunnya. Untuk itu saya harap masyarakat jangan membuang sampah ke sungai. Saya juga menyarankan masyarakat agar memberi masukan kepada pak Kades Syaiful yang baru menjabat. Ini dimaksud demi kemajuan dan keberlangsungan Desa Secanggang," tukasnya.  

Sedangkan Ketua Panitia Lomba Sampan, Saiful Amri, menyebutkan, ada 11 tim yang turut serta dalam lomba sampan Desa Secanggang. 

Untuk juara I dipegang tim Siluman 1, juara II Siluman 2, dan juara III diraih tim Codet serta juara IV oleh Garuda Muda. Seluruh pemenang akan mendapatkan sembako dan uang tunai. 

TERPILIH: Leo Wandi dari Dusun Kehutanan dan Selfi Andriani perwakilan Dusun Masjid terpilih sebagai Pangeran dan Putri Desa Secanggang, Rabu (21/8/2024).

Selain lomba sampan, ada juga lomba lari marathon, panjat pinang dan lainnya. Untuk pemilihan Pangeran dan Putri Desa Secanggang disabet Leo Wandi dari Dusun Kehutanan dan Selfi Andriani perwakilan Dusun Masjid.

Kegiatan ini dihadiri Camat Secanggang Persadanta Sembiring, Danramil 08/Secanggang Kapten Inf Asman Riadi, Kapolsek Secanggang AKP Rinaldi P Simamora, tokoh pemuda, serta warga Desa Secanggang lainnya.(lim/fan)
© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM