Breaking News

SD Negeri 057754 Sei Cabang Raih Juara III Toilet Bersih se Kabupaten Langkat

lpc-online.com, Langkat | Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Sekolah Dasar (SD) Negeri 057754 Sei Cabang, Desa Kepala Sungai, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, meraih juara III lomba toilet bersih tingkat SD dan SMP se Kabupaten Langkat. 

TROPY: Kepala SD Negeri 057754 Sei Cabang, Desa Kepala Sungai Syarifuddin, S.Pd, menunjukan trophy juara III lomba toilet bersih di Alun-alun T Amir Hamzah, Stabat, Jumat (23/8/2024).


Kepala Sekolah Dasar Negeri 057754 Syarifuddin, S.Pd, Jumat (23/8/2024), meggatakan, tidak menyangka kalau sekolah yang dipimpinnya itu bakal mendapat juara dalam lomba toilet bersih, mengingat lomba tersebut diikuti sekolah dasar se Kabupaten Langkat. 

Syarifuddin pun menanggapi positif, bahwa toilet merupakan poin penting mewujudkan lingkungan atau tempat termasuk yang bersih termasuk sekolah. 

Dirinya mengaku, menjaga kebersihan lingkungan dan toilet memang sudah lama diterapkannya, sehingga anak-anak dan guru benar-benar menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

"Menurut saya, kunci kebersihan suatu tempat itu dinilai dari kebersihan toiletnya, apabila toiletnya bersih maka sudah bisa dipastikan yang lainnya juga bersih. Hal itu dibuktikan dengan toilet sekolah kami mendapat juara III lomba bersih toilet se Kabupaten Langkat. Alhamdulillah dan terima kasih kepada para dewan guru dan anak didik yang sudah menjaga kebersihan di lingkungan sekolah," ujarnya.  

"Semoga apa yang kami raih hari ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi ke depan. Harapan saya untuk sekolah dasar lainnya semoga dapat termotivasi dengan apa yang sudah kami lakukan dan apa yang kami dapatkan," ujarnya. 

Dikatakannya, untuk membiasakan budaya bersih di lingkungan sekolah dengan murid SD memang tidak mudah. Butuh kesabaran dan sosialisasi terus menerus sehingga tumbuh kesadaran di dalam diri para murid. 

“Selain itu kita juga harus menyiapkan fasilitas, seperti tempat-tempat sampah, menyediakan air bersih untuk cuci tangan, dan lainnya, juga mengajari cara memilah sampah. Dan yang tak kalah penting kita harus mampu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak,” sebut Syarifuddin

Masih Syafruddin, kekompakan dewan guru juga menjadi penunjang utama. Saling mendukung dan berkomitmen untuk menjadi yang terbaik adalah salah satu hal yang selalu disampaikan.

"Kebersihan lingkungan sekolah memang sudah menjadi komitmen kami, kalau sekolah lain bisa mengapa kita tidak," pungkasnya.(lim/fan)
© Copyright 2024 - LPC-ONLINE.COM